Menu

Mode Gelap

Politik & Pemerintahan · 29 Mei 2022 06:56 WIB

Menparekraf Puji Kualitas Produk WUB Pamekasan: Sudah Layak ‘Go Internasional’


					Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Shalahuddin Uno saat berkunjung ke Pamekasan (ist). Perbesar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Shalahuddin Uno saat berkunjung ke Pamekasan (ist).

Pamekasan, Kroscek.id – Komitmen kuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam memiliki program wirausaha baru (WUB), program tersebut menyediakan pelatihan usaha gratis, memberikan bantuan produksi, pinjaman modal dengan bunga nol persen, hingga fasilitasi pemasaran baik online maupun offline.

Program tersebut menargetkan tercipta sepuluh ribu pengusaha baru di Pamekasan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari bawah, dan berkemajuan. Sehingga terwujud cita-cita Pamekasan Hebat, rajja, bajra tor parjugha.

Masyarakat yang mengikuti program tersebut saat ini telah memproduksinya sesuai pelatihan yang mereka ikuti. Mulai pembuatan songkok, tas, sarung tenun, sandal, sepatu, snack, dan produk-produk lainnya.

BACA JUGA:  Alokasi Perbaikan RTLH di Pamekasan Kembali Bertambah

Bahkan, produk WUB tersebut mendapat apresiasi langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Shalahuddin Uno saat berkunjung ke Pamekasan dalam acara workshop Kata Kreatif, Selasa (24/5/2022) kemaren.

Menurut Sandiaga, produk WUB Pamekasan yang nota bene produksi rumahan dan baru memulai usaha, ternyata kualitasnya tidak kalah dengan produk nasional. Seperti songkok, dan produk lainnya yang telah ia saksikan sendiri.

“Tadi saya pakai songkok batik, bagus tuh. Kayaknya kualitasnya sudah nasional. Itu produk yang menurut saya walaupun WUB, di skala awal tetapi mereka sudah memiliki kualitas yang bisa go nasional dan internasional,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Intip Cara RSUDMA Usung 5 Program Prioritas: Dari Yang Baik hingga Yang Terbaik

Dikatakan, pihaknya akan menfasilitasi pengembangan usaha masyarakat pasca pandemi covid-19 yang mendera bangsa Indonesia selama dua tahun terakhir. Harapannya, kualitas produk WUB meningkat agar bisa bersaing dengan produk luar.

“Untuk WUB sasarannya mereka naik kelas, karena setelah memulai usaha, tantangan berikutnya adalah meningkatkan skalanya. Nah, di sinilah kolaborasi antara kabupaten dan pemerintah pusat, nanti kita harapkan ada pendampingan pelatihan dalam ekosistem ekonomi kreatif,” harapnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, pihaknya akan bekerja ekstra ordinary untuk mendorong ekonomi kreatif di daerahnya tumbuh dan berkembang demi kemajuan ekonomi masyarakat dengan fasilitasi maksimal dari pemerintah daerah dalam menciptakan wirausaha baru.

BACA JUGA:  Soal Pengelolaan KIHT, Pemkab Pamekasan Studi Banding ke Soppeng Sulawesi Selatan

“Kita di Pamekasan mendorong anak-anak muda kreatif, inovatif, kolaboratif, dan cepat. Kita punya program WUB, kita latih, kita berikan alat, kita berikan pinjaman modal dengan bunga nol persen, serta pasar e-comerce, dan warung milik rakyat,” terangnya.

Dia memungkasi, komitmen tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari bawah. Karena apabila desa makmur, Pamekasan dan Indonesia akan maju sesuai keinginan bersama.

“Terima kasih atas kerja sama luar biasa dari pak Menteri Sandiaga Uno, mudah-mudahan kemitraan strategis ini bisa terus berkesinambungan mendorong ekonomi kreatif, hidup, bangkit dan memakmurkan rakyat,” pungkasnya (rls/mat).

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan Jadi Prioritas DPRD Sumenep ke Depan

11 Mei 2023 - 19:04 WIB

Apresiasi, Bupati Fauzi Beri Penghargaan Guru Berprestasi di Sumenep

7 Mei 2023 - 13:06 WIB

Prioritaskan UMKM, Pemkab Sumenep Keluarkan 2.047 NIB

5 Mei 2023 - 14:30 WIB

PDIP Sumenep Tak Akan Daftarkan Bacaleg Pemilu 2024 Minggu Ini

4 Mei 2023 - 15:36 WIB

Pemkab Pamekasan Resmi Tunda Pilkades Serentak 2023

13 April 2023 - 19:02 WIB

Apresiasi Program Guru Ngaji Pemkab, DPRD Sumenep: Kawal Terus, Agar Merata

8 April 2023 - 12:35 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan