close menu

Masuk


84 Petugas KPPS Desa Lebbek Dilantik, Lanjut Aksi Tanam Pohon Serentak

Panitian Pemungutan Suara (PPS) Desa Lebbek Kecamatan Pakong- Pamekasan saat melantik 84 KPPS.

Penulis: | Editor:

Pamekasan, Kroscek.id-Sebanyak 84 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Lebbek Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan dilantik hari ini, Kamis (25/1/2024)

Pelantikan tersebut berlangsung di Balai Desa setempat. Hadir dalam kesempatan itu jajaran Polsek Pakong, Koramil serta jajaran perangkat desa.

“Hari ini kita melantik 84 petugas Kelompok Pemungutan Suara Desa Lebbek yang akan bertugas di 12 TPS,” terang Ketua PPS Desa Lebbek, Achmad Ubaidillah, Kamis (25/1/2024).

Pria yang karib disapa Ubed itu berpesan kepada seluruh anggota KPPS yang sudah dilantik untuk menjaga integritas masing-masing.

Sebab dengan beigitu, penyelenggaraan pemungutan suara bisa berjalan secara tertib dan aman.

“Bekerjalah secara ikhlas, jaga ketertiban Pemilu,” sambungnya menjelaskan.

Ubed berujar, usai pelaksanaan pelantikan akan dilakukan proses penanaman satu pohon untuk masing-masing anggota KPPS.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memberikan kontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

“Usai pelantikan, nanti kita akan lanjutkan dengan penanaman pohon di masing-masing TPS. Dengan begitu, kita mengajak masyarakat untuk sama-sama melestarikan alam,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah menaikkan honor untuk badan Ad-Hoc pada Pemilu dan Pilkada 2024.

Hal tersebut tercantum dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 pada tanggal 5 Agustus 2022, perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan.

Dalam ketentuan itu, honor KPPS ada kenaikan yang relatif besar, dari Rp 550 ribu (honor ketua KPPS pada pemilu 2019) menjadi Rp 1.200.000. Sementara anggota KPPS dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1.100.000 (*)