close menu

Masuk


Berkat Event Pemkab Sumenep, UMKM di Pasar Bangkal Diserbu Pengunjung

Petugas gabungan saat meninjau Pasar Bangkal Sumenep, Jawa Timur.

Penulis: | Editor:

Sumenep, Kroscek.id-Pagelaran sejumlah event yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur terbukti memberikan dampak positif.

Selain mampu menggerakkan kunjungan wisata, event yang digelar secara konsisten dan beragam turut menggerakkan ekonomi masyarakat.

Serangkaian event sudah terbukti mampu menggerakkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Kabupaten ujung Timur Pulau Madura.

Sebab, di setiap pagelaran selalu melibatkan UMKM tidak hanya mereka yang tergabung dengan paguyuban PKL, pedagang asongan pun juga ikut menikmati berkah event tersebut.

Selain itu, sejumlah hotel juga kebagian dampak positif di setiap event. Apalagi event yang melibatkan peserta dari luar daerah, seperti kegiatan Cemara tahun lalu.

Kuliner khas Kota Keris juga ikut dicari, seperti kaldu kikil, apen dan sejenisnya. Sehingga, ekonomi masyarakat terus bergerak.

Event itu juga mampu meningkatkan kunjungan wisata meningkat. Di tahun 2021, kunjungan wisata mencapai 250 orang, dan di tahun 2022 meningkat mencapai 1 juta orang lebih. Kemudian pada tahun 2023 naik pesat menjadi 1,5 juta pengunjung.

“Event yang digelar itu pasti menggerakkan ekonomi masyarakat. Sehingga, bisa memicu peningkatan pendapatan warga,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo dalam beberapa kesempatan.

Menurutnya, keberadaan event itu sudah mampu memberikan dampak yang baik bagi perekonomian masyarakat di Kota Sumekar.

“Jadi, itulah esensi event, tidak hanya sekedar seremonial. Kunjungan wisatawan juga meningkat,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Senada dengan data dan ungkapan Bupati, salah seorang PKL di Taman Tajamara, Sobri mengaku sejak direlokasi, pendapatan atau omzet berjualan lebih meningkat.

Terlebih yang dilakukan Bupati Fauzi tidak sekedar merelokasi, tetapi juga menjadikan Tajamara salah satu pusat event. Alhasil, Tajamara selalu ramai pengunjung dan otomatis omzet PKL meningkat pesat.

“Alhamdulillah, disini lebih ramai pengunjung juga pembeli. Bahkan untuk pendapatan pun jauh lebih besar. Untuk itu kami sampaikan terimakasih kepada pak Bupati,” katanya.

Menurut Sobri, sejak Achmad Fauzi menjadi Bupati Sumenep sudah banyak terobosan yang memberikan dampak positif pada pembangunan dan kemajuan ekonomi masyarakat, seperti halnya perkembangan UMKM.

“Ini sangat memberikan manfaat bagi kami pelaku UMKM khususnya PKL, Sejak pak Fauzi jadi Bupati, nasib pelaku UMKM selalu diperhatikan” ungkapnya.

Tidak hanya PKL di Taman Tajamara, para PKL di Pasar Bangkal pun merasakan hal serupa menyusul dibangunnya Taman Pasar Bangkal serta dijadikannya sebagai salah satu pusat event. (*)