close menu

Masuk


PJU TS Hasil Aspirasi Ridwan Hisjam untuk Warga Sumenep

Acara Peresmian dan Serah Terma PJU-TS dari Anggota Komisi VII DPR RI H.M Ridwan Hisyam.

Penulis: | Editor:

Sumenep, Kroscek.id – Riang gembira warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, setelah mendapat bantuan program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun anggaran 2023 melalui serap aspirasi anggota komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) H.M Ridwan Hisjam.

Sebanyak 55 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) akan menerangi jalanan di area salah satu pesantren tersebut diresmikan dan serah terima langsung oleh anggota komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) H.M Ridwan Hisjam, perwakilan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM kepada pemerintah daerah yang Wakil Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan serta para tokoh masyarakat di Jalan Kartini, Kelurahan Kepanjin, Kecamatan Kota Sumenep.

“Saya kan Dapil Malang, Jadi Sumenep hanya mendapatkan sepuluh persen. Itu karena ada aspirasi dari masyarakat Sumenep, karena saya kan asli Sumenep dan itu berlokasi di pondok pesantren yang saya ikut membinanya,” kata Ridwan, Minggu (26/05/2024).

Dengan adanya program PJU-TS yang dialokasikan ke Sumenep nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat serta menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah untuk terus mengembangkan PJU-TS di daerah ujung timur Pulau Madura ini. Karena kedepan tenaga surya sangat tepat untuk mengurangi karbon dioksida yang dapat membahayakan kepada masyarakat luas.

“Jadi langkah strategis harus dilakukan mulai sekarang, mengingat kedepan pemerintah meningkatkan program yang akan mengurangi karbon dioksida. Baik menggunakan tenaga matahari maupun panas bumi,” terangnya.

Ridwan menjelaskan, secara keseluruhan PJU-TS yang disalurkan sebanyak 530 unit, dan banyak tersebar di Kabupaten Malang dan Batu. Karena daerah tersebut menjadi skala prioritas yang mana merupakan daerah pemilihannya sebagai anggota DPR RI Dapil Malang Raya.

“Ini perlu dijadikan inspirasi bagi pemerintah daerah untuk ikut membangun dengan APBD. Apabila nanti PJU ini ada kendala bisa langsung disampaikan agar kita menindaklanjuti ke pusat,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Dewi Khalifah menyampaikan banyak terimakasih kepada Ridwan Hisjam dan Kementerian ESDM yang telah memenuhi keinginan masyarakat. Sehingga hal itu perlu disyukuri karena akan membawa banyak manfaat, sebab yang biasanya gelap kini menjadi terang.

“Jalan kalau sudah terang, otomatis tingkat kerawanan akan semakin rendah. Kami beraharap kedepan daerah kepulauan juga mendapatkan perhatian,” katanya.

Dalam acara puncak peresmian dan serah terima PJU-TS ditandai dengan gunting pita yang menandakan bahwa PJU-TS sudah akan mulai dioperasikan. (rls/mat)